Wednesday 30 August 2017

Diskripsi Lomba Festival Seni Karawitan 2017

Salam Budaya,
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan segala nikmatnya kepada kami, sehingga kami masih dapat berproses kreatif dalam dunia kesenian. Dunia dimana kami mendapat banyak pelajaran dalam menjalani dan memaknai hidup di dunia ini.
Paguyuban Seni Karawitan “MUDHATAMA” SDN Mejayan 01 Kabupaten Madiun, sebagai kelompok kesenian anak yang tergabung dalam Pendidikan dan Pengembangan Seni Tradisi Daerah Kabupaten Madiun, mempersembahkan sebuah karya berjudul SINAU BARENG, sebuah sajian seni karawitan yang dikemas dengan kolaborasi dan kreasi tarian Jawa.
Ucapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, SDN Mejayan 01, UPT Pendidikan TK dan SD Kecamatan Mejayan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun atas segala kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan kepada kami.
Kami sadar masih banyak kekurangan pada diri dan karya kami. Untuk itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran guna memperbaiki diri kami dimasa yang akan datang.



Sinopsis
SINAU BARENG
          Mengutamakan hal kegiatan yang positif tidak akan lepas dari niat yang kuat dari para siswa untuk belajar dan berbakti kepada orang tua, guru, nusa dan bangsa serta Negara. Lewat kesenian budaya diharapkan supaya tertanam rasa patriotisme, menjunjung tinggi bangsa dan negara.
          Siswa tidak boleh melupakan warisan leluhur yaitu karawitan seni budaya jawa. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mau melestarikan warisan-warisan budaya dan sejarah negara.
          Jayalah budayaku, jayalah bangsa dan negeriku Indonesia. Itulah tekad siswa kita dalam melestarikan seni dan budaya dan salah satu modal untuk memajukan bangsa dengan terus belajar yang tekun dalam menuntut ilmu.

BAB I
PENDAHULUAN
Berbanggalah menjadi bangsa Indonesia yang sangat kaya akan keanekaragaman budaya dan adat istiadat.mulai suku bangsa, bahasa, adat istiadat dan agama yang berlainan namun indah yang menjadikan keindahan yang tersaji di alam Negeri ini. Salah satu kebanggaan kita akan budaya adalah pada seni karawitan yang merupakan salah satu kekayaan seni di negeri ini yang merupakan salah satu warisan nenek moyang yang adi luhung yang sampai saat ini perlu dilestarikan dan dikembangkan. Seni karawitan ini merupakan seni musik tradisional yang lekat dengan jati diri bangsa dan adat ketimuran yang digunakan saran mengungkapkan ekspresi jiwa dan dapat dinikmati oleh siapa saja, kapan dan dimana saja.
Sebagai musik tradisional warisan nenek moyang yang saat ini banyak terjadi adalah mulai ditinggalkan dan menjadi awam di masyakat. Karena kecenderungan masyarakat sekarang lebih menyukai hal-hal yang serba modern. Hal ini jelas sangat memprihatinkan kita semua.
Festival seni karawitan SD ini adalah salah satu upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Madiun yang dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun untuk menumbuhkan rasa cinta seni musik tradisional di lingkungan sekolah dan masyarakat. Rasa cinta pada budaya bangsa sangat perlu ditanamkan sedini mungkin. Pada sekolah-sekolah tertentu sudah mulai melakukan proses pembelajaran seni budaya yang bersumber dari kesenian tradisional yang salah satunya proses pengenalan dan pembelajaran seni karawitan.

A. LATAR BELAKANG
          Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin pesat ditambah peranan media elektronik yang canggih dan luar biasa seolah-olah dunia ini saling berdekatan tanpa sekat. Pengaruh budaya asing yang belum tentu cocok dengan budaya kita masuk dengan derasnya tanpa kita sadari. Dengan keadaan seperti ini mengakibatkan budaya negeri sendiri akan dijauhi oleh anak-anak salah satunya adalah karawitan.
          Berbagai upaya dilakukan untuk lebih bias diterima oleh masyarakat dengan beraneka ragam cara tetapi justru semakin menghilangkan makna karawitan itu sendiri.
Saat ini banyak sekali hadir musik campursari dan dangdut yang malah semakin menenggelamkan seni karawitan itu sendiri. Inilah peran dari kita untuk mengenalkan kemabli seni karawitan kepada para siswa khususnya siswa SD yang kelak harus bias melestarikan budaya yang adiluhung ini.
          Dunia anak adalah dunia bermain dan bersenang senang. Semua tahu bahwa anak suka menyanyi menari untuk mengekspresikan suka cita, kegembiraan bermain dan bercanda. Dengan musik kita bias melihat dunia anak-anak yang menggembirakan. Kita merupakan bagian dari lingkungan yang dapat membentuk dan mempengaruhi jiwa anak. Banyak andil bagi lingkungan bagi perkembangan anak.
          Mungkin pada zaman dulu dengan alat yang apa adanya bias dijadikan sarana untuk bermain anak, contohnya batu, rumput dan masih banyak lagi barang sederhana untuk dijadikan sarana itu. Tanpa biaya mahal mereka bisa mengeskpresikan diri mereka dalam permainan yang tanpa mereka sadari membentuk jati diri mereka. Seperti halnya dengan penataan garap garawitan dengan judul SINAU BARENG yang mengandung maksud bahwa kesederhanaan apabila dipoles dengan benar akan membentuk pribadi yang baik dalam bertingkah laku sehingga menghasilkan generasi yang tangguh dan berbudi luhur.

B. JUDUL
          Dalam Festival Karawitan Tingkat Kabupaten Madiun yang kami ikuti kali ini, kami dari tim karawitan MUDHATAMASDN Mejayan 01 Kec. Mejayan, mengambil  judul SINAU BARENG yang merupakan rangkuman dari yang terkandung dalam kekaryaan. Pemilihan judul sederhana ini diharapkan mudah dipahami, dimengerti dan dikenal tetapi kami tetap mengedepankan penanaman budi pekerti yang baik pada anak usia sekolah yang diharapkan mampu menjadikan mereka generasi yang baik dan tangguh serta bertanggung jawab dan sebagai penanaman penguatan pendidikan karakter bangsa.

C.TUJUAN
          Karya komposisi penataan garap karawitan SINAU BARENG bertujuan untuk :
1.    Materi festival dan lomba Karawitan tingkat SD se-Kab.Madiun
2.    Melestarikan seni budaya khususnya karawitan
3.    Menanamkan rasa kecintaan siswa pada seni budaya
4.    Menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam rangka memperkokoh jati diri bangsa
5.    Menggali, membina dan memupuk bakat dan minat siswa pada bidang seni.

No comments:

Post a Comment